Printing Diary

Klien dan Domisili

Posted on: March 29, 2011

Domisili percetakan dengan skala kecil sangat mempengaruhi perkembangan dari percetakan itu sendiri. Biasanya percetakan kecil ini hanya mencari klien yang memiliki domisili yang sama dengan domisili perusahaan mereka.

Hal ini dikarenakan ongkos kirim yang sangat besar. Misalnya saja ada klien yang berada di aceh, dan percetakannya sendiri berdomisili di jakarta. Si klien mau mencetak brosur ukuran A4 sebanyak 1 Rim 4/4 Fullcolor dengan berat setelah cetak kurang lebih 8kg.
Dengan berat 8kg sangat tidak mungkin untuk membebankan cost pengiriman ini kepada klien. Lagi pula mana mau si klien dibebani ongkos kirim yang tinggi.

Hal ini membuat percetakan sulit berkembang, dengan pertumbuhan pasar yang minim tapi jumlah pesaing yang semakin besar, membuat persaingan semakin tidak sehat.

Lain lagi jika percetakan tersebut menerima order yang besar di klien, mereka bisa menyewa truk ataupun mengirim sendiri dengan armada mereka, dengan harga yang cukup murah untuk order dengan berat beberapa ton.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: