Printing Diary

Cetak CMYK atau CMY

Posted on: April 12, 2011

Cetak separasi idealnya dengan menggunakan empat plat yakni CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black/Key) tapi saat ini, dipercetakan tempat saya bekerja sedang marak cetak 3 plat dengan menghilangkan bagian Black-nya.

Hasil cetak CMYK tentu saja sudah terukur dan sekitar 90% sama dengan tampilan pada monitor ataupun proof cetak, tapi jika dengan tiga plat tanpa black rasanya warna kurang menonjol.

Tapi hal itu hanya berlaku pada cetakan dengan teks ataupun hasil cetak yang agak hitam, gelap ataupun kelam. Entahlah apa itu disebutnya, yang jelas hasil cetak dengan tiga plat ada yang berhasil ada juga yang gagal total sehingga harus cetak ulang.

Di percetakan tempat saya bekerja, merupakan percetakan kecil yang saat ini masih menerima maklun cetak dari agen/biro/calo percetakan, dan mereka-lah yang melakukan praktek cetak 3 plat tersebut. Mungkin dengan margin keuntungan yang semakin kecil karena sadar atau tidak pelaku bisnis percetakan saling makan (banting harga) pada setiap kesempatan.

Ok lah, katakan berhasil, dengan hasil cetak yang layak. Si pe-maklun mendapatkan untung lebih dengan mengurangi ongkos cetak dan biaya plat yang sekitar 60rb – 200rb. Tapi jika gagal, hilang semua. Rugi berjuta-juta karena harus membeli lagi kertas yang harganya selangit.

Idealnya, cetak CMY bisa dilakukan jika image yang akan dicetak 100% vector tanpa bitmap, dengan plat black raster tipis, sehingga raster tersebut bisa dipindahkan ke bagian CMY dengan komposisi raster yang sesuai.
Jika image tersebut terdiri dari beberapa bitmap, sudah dipastikan cetak CMY akan gagal, karena warna yang kurang sreg!

Tapi, sampai saat ini kita belum mencoba sendiri ke order yang masuk (bukan maklun) karena menjaga kualitas, anda sendiri pasti tau, betapa susahnya sekarang mendapatkan order cetakan, dan saya belum mau mengambil resiko kehilangan pelanggan hanya karena penghematan beberapa puluh ribu rupiah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: